Sabtu, 09 Juli 2011

Modal Memulai Bisnis

Berbisnis menarik banyak orang untuk terjun di medan kompetisi yang bebas dengan keinginkan selalu mendapatkan keuntungan besar, namun ketika akan memulai bisnis selalu terbayang sesuatu yang sangat menakutkan yaitu kerugian besar, baik kerugian finansial, kerugian waktu maupun kerugian tenaga. Ilmu yang paling mahal dalam bisnis adalah memulai bisnis itu sendiri, baik gagal atau berhasil. Keberanian dan ketakutan memberikan dorongan yang sama bagi orang yang akan memulai bisnis, pilihan terhadap resiko bisnis akan terbukti setelah berjalannya waktu dengan keberhasilan atau kegagalan dalam menjalankan bisnis itu. Keberanian memulai bisnis selalu didasari kemampuan untuk memprediksi peluang usaha dengan pertimbangan sederhana diantaranya modal awal yang kecil, pasar yang luas, biaya operasional yang murah serta biaya promosi yang murah.
Modal sebagai unsur utama dalam memulai bisnis selalu diartikan sebagian orang dengan uang, padahal tidak hanya uang yang mampu mendorong orang untuk memulai usaha, namun keberanian memulai usaha dengan kemampuan seadanya seringkali mampu menghasilkan sesuatu yang spektakuler. Keterbatasan modal finansial terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis untuk mengolah kreativitas dan inovasi sehingga dapat menggerakkan usahanya menjadi besar. Strategi melambungkan bisnis kecil menjadi bisnis besar dengan memaksimalkan modal dasar yang dimiliki setiap entrepreuneur diantaranya kreativitas, jaringan, komunikasi dan keberanian menghadapi resiko kegagalan untuk mencapai keberhasilan.
Jaringan yang luas dalam bisnis merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam melambungkan bisnis. Kemampuan seseorang dalam membangun jaringan yang luas dengan modal komunikasi pasar yang terarah terkait keunggulan produk akan mampu memberikan hasil yang maksimal bagi perkembangan aktivitas bisnis. Modal jaringan dan komunikasi menjadi added value bagi pebisnis pemula untuk memperkenalkan secara langsung kepada user tanpa membutuhkan biaya yang besar untuk promosi.   
Kemandirian usaha akan mampu mendorong kreativitas dan inovasi bagi pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Semangat entrepreneurship harus ada dan tertanam di dalam benak setiap orang yang ingin memulai bisnis, sehingga dengan kemandirian, kreativitas dan inovasi kesuksesan akan dapat dicapai dalam bisnis di era globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar